Perbandingan pemeriksaan toxoplasma gondii stadium ookista pd feaces kucing dan tanah

Toksoplasmosis merupakan suatu penyakit Zoonosis yang dapat ditukarkan dari binatang kepada manusia.Penyakit ini disebabkan oleh parasit protozoa yang bernama Toxoplasma gondii. Sumber infeksi utama adalah kucing, meskipun berbagai jenis binatang mamalia dan unggas dapat pula menjadi sumber infeksi. Di Indonesia penyakit ini bersifat endemik pada hewan maupun manusia, meskipun jumlahnya relative kecil. Manusia dapat terkena infeksi penyakit parasit ini dengan cara didapat (aquired toksoplasmosis) dan  diperoleh semenjak dalam kandungan  (congenital toksoplasmosis ).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Toxoplasma gondii stadium ookista pada faeces kucing dan tanah. Sampel yang dipakai untuk penelitian ini adalah faeces kucing dan tanah yang berjumlah 25 untuk feaces kucing dan 25 untuk tanah  sampel yang diambil secara acak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang menyajikan data berbentuk tabel dan data tersebut diolah serta dibuat persentase. Hasil identifikasi Toxoplasma gondiistadium ookista pada feaces kucing dan tanah di daerah Kalijaten Timur Taman Sidoarjo didapatkan 9 sampel positif ( 36 % ) dan 16 sampel negatif ( 64 % ) pada feaces kucing dan didapatkan 2 sampel positif ( 8 % ) dan 23 sampel negatif ( 92 % ) pada tanah disekitar feaces kucing.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sebanyak 9 sampel ( 36 % ) positif  ookoista Toxoplasma gondii dan 16 sampel ( 64 % ) negatif  ookoista Toxoplasma gondii  pada feaces kucing dan didapatkan 2 sampel ( 8 %) positif ookoista Toxoplasma gondii dan 23 sampel ( 92 % ) negatif ookoista Toxoplasma gondii pada tanah disekitar feaces kucing.

 Kata Kunci : Kucing, ookista Toxoplasma gondii.

 Pengirim : Retno Sasongkowati, Yustina Ohftafiyan,Diah Titik M

Kategori Artikel: 
Umum