Pengaruh daya hambat buah mengkudu (morinda citrifolia) thdp pertumbuhan bakteri

Sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di desa – desa, tumbuhan dan buah mengkudu sesungguhnya sudah sejak lama digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional (jamu). Bahkan, di tempat – tempat tumbuhnya selalu ada cerita tentang manfaat dan khasiat mengkudu yang banyak disebut – sebut dapat mengatasi berbagai macam penyakit, atau masalah kesehatan tubuh (Purbaya, 2007).

Manfaat buah mengkudu (Morinda citrifolia) untuk kesehatan sudah lama dikenal orang.

Mengkudu dapat digunakan sebagai obat dalam maupun luar. Mengkudu sebagai obat luar berfungsi untuk menghilangkan sisik pada kaki, sedangkan sebagai obat dalam mengkudu digunakan untuk hipertensi, kanker, sakit jantung, diabetes, masalah pencernaan, demam, batuk, sakit perut (Purbaya, 2007).

Di dalam mengkudu terkandung zat anti bakteri, komponen zat yang aktif yaitu acubin,

alizarin, scopoletin dan beberapa zat antraquinon telah terbukti menunjukkan kekuatan anti bakteri terhadap golongan bakteri dan jamur, yaitu Escherichia coli Pseudomonas aeruginosa, Proteus morganii, staphylococcus aureus dan jamur Pythium sp (Bangun, 2002).

Escherichia coli adalah kuman oportunis yang banyak ditemukan di dalam usus besar

manusia sebagai flora normal. Sifatnya unik karena dapat menyebabkan infeksi primer pada usus misalnya diare pada anak, seperti juga kemampuannya menimbulkan infeksi pada jaringan tubuh lain diluar usus (Aidilfiet dkk, 1994).

Penyakit – penyakit yang disebabkan oleh Escherichia coli antara lain: infeksi saluran

kemih, Pneumonia, meningitis, infeksi luka terutama luka di dalam abdomen (Aidilfiet dkk, 1994). Berdasarkan ciri khas sifat – sifat virulensinya antara lain : Escherichia coli Enterotoxigenik (ETEC), Escherichia coli Enteropathogenik (EPEC), Escherichia coli Enteroinvasive (EIEC), Escherichia coli Enterohaemorraghic (EHEC), Escherichia coli Enteroagramegatif (Jawetz, 1996).

Dari uraian di atas penulis ingin meneliti hambatan mengkudu terhadap pertumbuhan

bakteri Escherichia coli pada macam – macam tingkat konsentrasi secara dilusi.

Pengirim : Suliati, Angga Mei Kurniawan, Siti Nur Husnul Y

Kategori Artikel: 
Umum