Gambaran leukosit, hitung jenis leukosit dan normoblast pd bayi neonatus di rsud kirana

Bayi baru lahir atau neonatus merupakan bayi usia 0 sampai 28 hari, Kehidupan pada masa neonatus ini sangat rawan, oleh karena itu memerlukan penyesuaian fisiologi agar bayi agar bayi di luar kandungan dapat hidup sebaik-baiknya. Hal ini dapat dilihat dari angka kematian neonatus diperkirakan 2/3 kematian bayi dibawah umur 1 tahun.

Salah satu keadaan yang menyerupai kelainan pada neonatus adalah leukositosis dan leukopenia. Leukositosis adalah suatu respon normal terhadap infeksi atau peradangan. Keadaan ini dapat dijumpai setelah gangguan emosi. Setelah anestesia atau olahraga selama kehamilan. Leukositosis abnormal dijumpai pada keganasan dan gangguan sum-sum tulang. Dan leukopenia dapat disebabkan oleh kerusakan sum - sum tulang, radiasi atau kemoterapi.

Berdasarkan penelitian dari kasus bayi baru lahir di RSAB Kirana Sidoarjo tahun 2010 diketahui ada beberapa bayi yang mengalami hasil leukosit dan jenis – jenis leukositnya tinggi dan rendah. Hal ini disebabkan kemungkinan bisa infeksi, alergi dan daya tahan tubuh bayi yang lemah atau adanya kelainan pada sum – sum tulang.

Kata kunci : Leukosit, Hitung jenis leukosit dan Normoblast

Pengirim : Zaenal Arifin,Sinkletika Suryati Bahan,Titik Sundari

Kategori Artikel: 
Umum